INTEGRITAS KUNCI SUATU BANGSA
Oleh : Muhammad Abdul Ali Lubis

Indonesia adalah negara majemuk yang memiliki filosofis latar belakang keberagaman yang kaya, 264 juta  jiwa masyarakat dengan berbagai kearifan lokal berupa sifat dan karakteristik yang menjadi pionir dan kunci perkembangan peradaban di Tanah air tercinta, Bisa dikatakan bahkan disimpulkan  bahwa karakteristik serta nilai yang melekat pada dominan masyarakat akan lebih berdampak dan berpengaruh terhadap kondisi Negara tersebut,  jika nilai baik yang dominan maka nilai kebaikan yang timbul di suata Negara begitu juga sebalik nya jika dominan nilai buruk maka keburukan  juga yang akan timbul.  Lalu apa hubungannya dengan integritas?.
Secara defenisi Integritas adalah konsistensi dan keteguhan yang tak tergoyahkan dalam menjunjung tinggi nilai-nilai luhur dan keyakinan pada diri seseorang definisi lain dari integritas adalah suatu konsep yang menunjuk konsistensi juga hubungan antara tindakan dengan  nilai dan prinsip. Dalam etika, integritas diartikan sebagai kejujuran dan  kebenaran dari tindakan seseorang.  Seorang dikatakan “mempunyai integritas” apabila tindakannya sesuai dengan nilai, keyakinan, dan prinsip yang dipegangnya. Mudahnya, ciri seorang yang berintegritas ditandai oleh satunya kata dan perbuatan bukan seorang yang kata-katanya tidak dapat dipegang. Seorang yang mempunyai integritas bukan tipe manusia  dengan banyak wajah dan penampilan yang  disesuaikan dengan motif dan kepentingan pribadinya. Orang yang memiliki integritas biasanya memiliki power yang lebih kuat dan untuk meyakinkan orang lain sebenarnya tidak perlu banyak bicara tetapi lebih banyak bertindak orang yang memiliki integritas tinggi memiliki pengaruh yang lebih kuat dan pengaruh adalah inti dari kepemimpinan untuk itulah, dalam pembahsan kepemimpinan salah satu persyaratan mendasar pemimpin yang benar – benar pemimpin adalah yang memiliki integritas.  Integritas menjadi karakter dan kunci bagi seorang pemimpin.
 Seorang pemimpin yang mempunyai integritas akan mendapatkan kepercayaan dari bawahhan dan pegawainya. Pimpinan yang berintegritas  dipercayai karena apa yang menjadi ucapannya juga menjadi  tindakannya. Perwujudan integritas bisa dilakukan dengan banyak cara, salah satunya dengan berperilaku jujur, bertanggung jawab dan dapat dipercaya serta konsisten.Dengan berperilaku jujur, memegang teguh prinsip-prinsip kebenaran, etika, dan moral, serta berbuat sesuai dengan perkataan maka orang tersebut bisa disebut bertanggung jawab serta memiliki integritas. Hal tersebut cukup untuk menjadi modal agar mendapat kepercayaan dari orang lain. Tak kalah penting adalah kekonsistenan dalam menerapkan perilaku jujur dan bertanggung jawab Pada tataran kolektif, nilai integritas dapat memandu masyarakat untuk berkomitmen pada tugasnya serta membuat masyarakat menjadi pribadi yang dapat diandalkan dan dipercaya. Sementara di tataran negara, integritas dapat mendorong aparatur pemerintahan bekerja secara lebih profesional, transparan, jujur, dapat diandalkan, dan terpercaya.  Oleh karena itu, nilai integritas penyelenggara negara akan sangat berpengaruh terhadap kepercayaan publik terhadap kinerja yang dilakukannya.
Dari defenisi integritas bisa kita katakan bahwa jika suatu Negara memiliki pemimpin yang mempunyai integritas tinggi maka kemajuan yang akan ditimbulkan. Namun sayang nya jika kita melihat fakta yang terjadi dinegara ini, diera ini, sulit rasanya menemukan pemimpin yang memiliki integritas,  hal ini bisa kita lihat dari banyak nya terjadi kasus Korupsi, Kolusi dan Nepotisme di negera ini, kasus – kasus tersebut seakan menjadi pertanda bahwa memang negara ini sangat kekurangan pemimpin yang memili integritas. Kenyataan ini menjadi tamparan bagi bangsa ini juga menjadi tugas besar bagi kaum muda untuk menempah diri bahkan menciptakan pemimpin – pemimpin masa depan yang memiliki integritas tinggi sehingga maklumat bonus demografi yang sering di gaumkan tidak hanya sekedar menjadi simbol takbermakna mari kerja bersama dan sama – sama bekerja untuk menuntaskan cita – cita reformasi. saya, kamu, dan kita untuk Indonesia lebih baik lagi.


Komentar

Postingan populer dari blog ini

ASAHAN KRISIS PENDIDIKAN

RESISTANSI HMI DALAM MERAWAT KHITTAH DITENGAH HIRUK PIKUK PERSOALAN BANGSA